corona

5 Langkah Mencegah Penularan Corona Virus

VIrus Coronathoroughbred – Virus Corona ini berasal dari hewan, seperti kelelawar dan unta, dan dapat ditularkan dari hewan ke manusia, serta dari manusia ke manusia. Penularan sesama manusia itu terjadi saat batuk dan bersin.Saat terinfeksi virus Corona, seseorang akan mengalami gejala demam, pilek, sesak nafas,batuk, dan flu. Namun, setelah beberapa hari, orang yang terjangkit virus corona akan mengalami sesak nafas akibat infeksi pada paru paru (pneumonia).sampai saat ini, belum ada pengobatan yang bisa menyembuhkan penyakit corona virus.

Oleh karena itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menghimbau kepada masyarakat untuk tidak menganggap enteng penyakit ini dan selalu melakukan tindakan pencegahan. Salah satunya dengan menerapkan system jaga jarak 1m.

BACA JUGA: 5 Alasan Kenapa Anda Bahagia Hidup Minimalis. Rasanya Sangat Enteng..

Beberapa langkah yang dapat Mencegah penularan Virus Corana

1. Cuci tangan dengan benar

Mencuci Tangan dengan bersih dan benar adalah cara paling simple namun paling efektif dalam mencegah penyebaran virus covid ini. Cuci tangan dengan air yang bersih dan sabun antibakteri. pastikan anda mencuci semua bagian tangan dengan bersih termasuk sela selah jari dan kuku. Dan kami sarankan selalu gunakan hand sanitizer untuk mendapatkan perlindungan maksimal.Cuci tangan secara teratur,  sebelum dan sesudah makan, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh hewan, membuang sampah, dan setelah batuk atau bersin.

2. Menggunakan masker

Memakai masker sangat penting dalam mencegah penularan virus corona karena corona virus mudah menular melalui saluran pernafasan maka tuh alangkah baik nya selalu mamakai masker saat anda berpergian.

Meski tidak sepenuhnya efektif dalam mencegah paparan kuman, penggunaan masker ini tetap bisa mengurangi risiko penyebaran penyakit menular, termasuk infeksi virus Corona. Penggunaan masker dianjurkan untuk orang yang sedang sakit untuk mencegah penyebaran virus dan kuman, daripada untuk orang yang sehat.

Saat melepas masker dari wajah, baik masker bedah maupun masker N95, hindari menyentuh bagian depan masker, karena bagian itu penuh dengan kuman yang menempel. Setelah melepas masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, agar tangan bersih dari kuman yang menempel.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah munculnya berbagai penyakit. Untuk menjaga kesehatan  dan meningkatkan daya tahan tubuh anda,  direkomedasikan memakan makanan sehat, seperti sayuran dan buah buahan, serta makanan berprotein seperti telur, ikan dan daging tanpa lemak

Selain itu, olahraga teratur, tidur cukup, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penularan virus Corona.

4. Terapkan physical distancing dan isolasi mandiri

Pembatasan fisik atau physical distancing menjadi salah satu langkah penting untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona. Hal ini dapat dilakukan dengan tidak keluar rumah, kecuali untuk kebutuhan mendesak atau darurat, seperti berbelanja bahan makanan atau berobat saat sakit. Pembatasan fisik juga dilakukan dengan menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain dan selalu menggunakan masker saat melakukan aktivitas di tempat umum atau keramaian. Selama physical distancing, Anda juga perlu menghindari kontak dengan orang yang sedang sakit, diduga terinfeksi virus Corona, atau sudah dinyatakan positif COVID-19.

Jika Anda memiliki salah satu gejala ringan COVID-19, memiliki riwayat bepergian atau tinggal di daerah yang terkena virus Corona dalam 14 hari terakhir, atau pernah melakukan kontak dengan seseorang yang dinyatakan positif COVID-19, Anda disarankan untuk mengisolasi diri. Selain itu, isolasi mandiri juga dianjurkan bagi orang yang berisiko tinggi terinfeksi virus Corona, seperti lansia atau orang yang memiliki penyakit penyerta, seperti hipertensi, diabetes, atau daya tahan tubuh yang lemah.

5. Membersihkan rumah dan mendisinfeksi secara teratur

Selain kebersihan diri, menjaga kebersihan rumah juga sangat penting selama masa pandemi COVID-19. Hal ini dikarenakan virus Corona telah terbukti mampu bertahan selama berjam-jam bahkan berhari-hari di permukaan suatu benda. Oleh karena itu, rumah harus rutin dibersihkan dan didesinfeksi secara menyeluruh, termasuk furnitur dan peralatan rumah tangga yang sering disentuh, seperti gagang pintu, remote televisi, kran air, dan permukaan meja.

Saat membersihkan atau mendisinfeksi, Anda perlu memakai sarung tangan dan masker, dan mencuci tangan dengan air bersih dan sabun setelah membersihkan rumah. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan virus Corona yang mungkin terjadi, selain beberapa cara di atas, masa kini bisa di cegah dengan pemberian vaksin covid-19.Agar vaksin bekerja lebih efektif, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebelum dan sesudah mendapatkan vaksin COVID-19.

Jika Anda dikategorikan sebagai pasien suspek atau kemungkinan COVID-19, yang ditandai dengan gejala flu, seperti batuk, demam, dan pilek, disertai dengan kelemahan dan sesak napas, terutama jika dalam 2 minggu terakhir Anda bepergian ke suatu daerah atau negara yang terjangkit virus Corona, segera konsultasikan ke dokter agar bisa dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang Jika Anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai gejala, langkah pengobatan, dan tindakan pencegahan virus Corona, Anda bisa menggunakan fitur chat langsung dengan dokter di aplikasi ALODOKTER. Selain itu, Anda juga bisa membuat janji dengan dokter di rumah sakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *